Jumat, 06 September 2013

SUB UNIT KWAYUHAN : Pekan Anak Shaleh Kwayuhan



Pagi-pagi sekitar pukul 07.30, dengan senyum penuh semangat, adek-adek TPA Al-Muttaqien Dusun Kwayuhan, desa Sendangmulyo, sudah berkumpul di masjid. Hari ini adalah hari yang mereka tunggu sejak satu pekan yang lalu. Hari ini akan diadakan Pekan Anak Shaleh (PAS) Kwayuhan yang merupakan salah satu program kerja KKN-PPM UGM antar semester 2013 yaitu pendampingan TPA. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, hari Sabtu dan Minggu, 3-4 Agustus 2013. Perlombaan yang diadakan pada hari Sabtu antara lain: lomba berwudhu, lomba shalat, lomba adzan, lomba hafalan do’a sehari-hari, lomba hafalan surat juz 30, dan lomba hafalan hadits serta penyisihan lomba Cerdas Cermat Agama (CCA). Sedangkan kegiatan pada hari Minggu adalah lomba mewarnai, lomba baca al qur’an & iqro’, final CCA, dan nonton film. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 peserta, dari tingkat SD sampai SMP kelas 2.






gambar lomba mewarnai dan lomba hafalan do'a sehari-hari 
 
Suasana Masjid Al Muttaqien pagi ini sangat ramai. Anak-anak semangat mengikuti setiap perlombaan. Saat lomba hafalan surat berlangsung, ada yang hanya bisa menghapal 3 surat. Ada juga yang mampu menghapal dari surat An-Nas sampai Al A’la. Begitu pula dengan lomba hafalan do’a sehari-hari. Ada yang mampu membacakan semua do’a yang dilombakan. Adapula yang hanya bisa melafadzkan do’a sebelum makan dan minum. Untuk lomba hafalan hadits, materi yang dilombakan adalah hadits tentang keutamaan membaca Al Qur’an, keutamaan menuntut ilmu, shalat adalah tiang agama, dan kebersihan adalah sebagian dari iman. Meskipun materi yang dilombakan tidak mudah, alhamdulillah setiap anak mampu melewati tantangan dan mengikuti semua perlombaan.
Pada hari terakhir PAS Kwayuhan, diadakan pemutaran film motivasi. Film yang diputar adalah Serdadu Kumbang yang bercerita tentang seorang anak yang tidak naik kelas dan tidak memiliki cita-cita sampai pada akhirnya ia menumakan mimpinya. Kegiatan ini ditutup dengan simulasi “tuliskan mimpimu!”. Setiap anak menuliskan mimpinya pada kertas kecil kemudian ditempelkan pada pohon harapan. Dari rangkain PAS Kwayuhan ini diharapkan anak-anak memiliki semangat yang lebih untuk menghapal dan memempelajari Islam serta melatih rasa percaya diri dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Semoga kelak Engaku jadikan mereka, orang-orang yang membela agama-Mu bukan orang-orang yang merusak apalagi menghancurkan alam ini. Amiin. (Annisa Prihatini Barkah)








Gambar simulasi “tuliskan mimpimu!”
 
 


Kwayuhan, 5 Agustus 2013
06.46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar