Jumat, 06 September 2013

SUB UNIT KWAYUHAN : PENDATAAN POTENSI WIRAUSAHA


Kwayuhan, 29 juli 2013 TIM KKN PPM UGM 2013 yang berada di subunit Kwayuhan melaksanakan program pendataan potensi wirausaha. Dimana pada pendataan ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kemungkinan pengembangan potensi wirausaha khususnya kerajinan bambu di dusun Kwayuhan, Minggir.





Adapun hal ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi umum tentang kerajinan bambu, dan permasalahan yang dihadapi baik dalam proses produksi dan pemasaran serta mendeteksi ketertarikan warga pengrajin akan jenis kreasi lain dari kerajinan lain dan pembentukan kelompok pengrajin.            Pada proses pendataan ini, tentu saja pewawancara tidak hanya mencari narasumber yang merupakan pengrajin bambu namun juga pewawancara mendapati jenis wirausaha lainnya, seperti jenis wirausaha lain seperti cattering, keripik dan pembuat tikar dari rumput.
Proses pendataan ini disambut baik oleh warga, hal ini terlihat dari cara warga yang ingin ikut terlibat aktif dalam proses wawancara. Selain mampu mendeteksi berbagai permasalahan di bidang kerajinan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mempererat tali silahturahmi antara peserta KKN PPM UGM 2013 dengan warga khsusnya pengrajin bambu. Melalui proses pendataan ini, diharapkan nantinya setelah mengamati dan menganalisa masalah yang ada, akan diperoleh solusi terhadap keluhan dan masalah masyarakat terhadap kerajinan bambu.

Clara Janie Frica
Kwayuhan, 04 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar