Jumat, 06 September 2013

SUB UNIT MERGAN : Pemeriksaan Kesehatan dan Konsultasi Gizi Gratis di Dusun Mergan






Jumat, 26 Juli 2013 di Dusun Mergan diadakan acara pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi gratis bagi ibu-ibu PKK dan lansia. Acara berlangsung  mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.00 bertepatan dengan kegiatan arisan ibu-ibu PKK. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Tim KKN-PPM UGM SLM-15 sub-unit Mergan bekerjasama dengan R-ZIS UGM. Tim yang melakukan pemeriksaan berasal dari Gizi Kesehatan FK UGM.
Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, tensi dan pengecekan asam urat. Pemilihan pengecekan asam urat sebagai bentuk pemeriksaan karena sebagian besar warga yang ada di Dusun Mergan adalah lansia yang notabennya banyak lansia yang beresiko terkena penyakit asam urat.  Jumlah warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan ini cukup banyak, yaitu 37 orang. 
Selain pemeriksaan kesehatan dilakukan pula penyuluhan mengenai penyakit asam urat. Warga yang mengikuti penyuluhan tersebut tampak antusias memperhatikan dan mendengarkan materi. Pertanyaan banyak mengalir terkait keluhan yang dialami warga tersebut, seperti badan pegal-pegal, geringgingan, dan sering merasa lelah.  Dengan adanya penyuluhan dan konsutasi gizi ini warga dapat melakukan pencegahan akan terjadinya penyakit tersebut dan bagi yang sudah terkena penyakit tersebut agar lebih waspada terutama dalam mengatur pola makan yang baik.
Tanggapan warga Dusun Mergan sangat senang dengan diselenggarakannya kegiatan ini karena belum pernah dilakukan pemeriksaan asam urat sebelumnya. Sebagian besar dari mereka berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini dapat dilaksanakan kembali dan jenis pemeriksaannya lebih beragam, seperti pemeriksaan kolesterol dan glukosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar