Jumat, 06 September 2013

SUB UNIT KWAYUHAN : Karawitan Kwayuhan


Antusias warga dalam berlatih karawitan memang sangat besar, namun hanya kalangan tua saja yang tertarik dengan warisan budaya asli Indonesia tersebut. Kebanyakan dari kalangan muda lebih beranggapan bahwa karawitan adalah “hiburannya orang tua” namun ada secercah harapan bahwa kelak ketika tiba saatnya maka mereka juga akan bermain karawitan juga. Kelompok karawitan Kwayuhan yang diketuai oleh bapak Slamet ini berlatih setiap hari Selasa dan Jumat malam di rumah kosong yang ditinggal oleh penghuninya. Namun semangat para pemain karawitan tersebut membuat mereka sering berlatih diluar jadwal latihan yang ditentukan. Hal itu menjadi sangat menarik ketika hampir setiap malam terdengar alunan musik jawa di setiap sudut Dusun Kwayuhan.
Tim KKN sub-unit Kwayuhan juga memprogramkan untuk melakukan pendampingan dengan kelompok karawitan tersebut. Di akhir waktu latihan tim kkn juga mencoba untuk ikut latihan bermain musik yang menjadi kesenian daerah Jawa tersebut. Antusias kami disambut hangat dan penuh semangat oleh anggota karawitan. Berbagai alat kami coba dan ternyata ada kenikmatan tersendiri ketika kami bisa mengikuti alunan musik yang hampir semuanya adalah alat musik pukul tersebut. Keakraban dan keceriaan pun tercipta antara kami dan warga kelompok karawitan hingga tidak terasa jam sudah menunjukkan pukul 01.00 dini hari. 

            Dikala kebanyakan orang mulai melupakan peninggalan daerah sendiri dan lebih memilih menyukai musik yang dikata orang “modern dan gaul” , secercah semangat dan rasa cinta yang tulus akan warisan budaya yang luhur oleh para pemain karawitan di Dusun Kwayuhan mengingatkan kami akan satu hal bahwa tidak perlu memaksakan orang untuk mecintai sesuatu namun contohkanlah dengan sedikit cinta yang tulus akan sesuatu tersebut maka kekuatannya akan melebihi paksaan. Hidup terus kelompok Karawitan warga Dusun Kwayuhan, banyak hikmah yang kami dapatkan dari semangat dan kecintaan mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar