Jumat, 06 September 2013

SUB UNIT MERGAN : Gerakan Mengajar


Hari ketiga KKN, subunit Mergan mendapatkan undangan untuk mengajar TPA di mushola Al ikhwan, Mergan. Agenda TPA ini ternyata merupakan agenda rutin setiap hari Senin, Sabtu, dan Ahad di dusun tersebut. Kelima anggota KKN subunit Mergan yang hari itu ada di posko datang ke TPA untuk perkenalan di awal. Kelima anggota yang hadir antara lain: Hanum, Novi, Bowo, Untung, dan Rian. TPA dimulai pada pukul 3 dan selesai pukul 5 sore. Di akhir agenda, kami dari KKN subunit Mergan memperkenalkan diri kami ke adik-adik TPA dan ustadz ustadzah TPA. Karena kami juga memiliki agenda mengajar TPA, kami dipersilakan untuk menjadi ustadz-ustadzah selama bulan ramadhan.
Dari beberapa kali mengajar TPA, kami sudah memberikan beberapa materi baru. Rata-rata materi yang diberikan ke TPA oleh ustadz-ustadzah adalah membaca iqro’ dan tajwid saja. Oleh karenanya kami berusaha menambah materi dari kurikulum tersebut. Materi-materi tersebut sebagian besar merupakan tsaqafah islamiyah yang sebenarnya umum didapatkan murid-murid di SD. Hanya saja, kami dibantu oleh ustadzah-ustadzah yang ada untuk mengemas materi dengan lebih menyenangkan. Adik-adik TPA terlihat sangat antusias dan memperhatikan.
Materi yang telah disampaikan, antara lain: syumulyatul islam, bersyukur, mencintai orang tua, dan lain sebagainya. Dikarenakan jadwal TPA selama Ramadhan dilaksanakan setiap hari, sampai dengan hari ini KKN telah mengisi TPA sebanyak 30 kali. Ke depannya, kami akan menambah materi TPA terutama untuk guru-guru TPA berupa tahsin. Materi ini sesuai dengan permintaan beberapa tokoh dukuh dan pemuda yang mereka rekomendasika kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar